Inspirasi - Surah An Nashr Wirid Menjaga Ikhtiar Dakwah

- Senin, 22 Mei 2023 | 09:57 WIB
Rahim Mayau
Rahim Mayau


Oleh : Rahim Mayau, Pimpinan Pesantren Lorong Raudhah Indonesia

PortalAMANAH.com -- Telah akrab di telinga para santri awal, baik ketika masih bernama Rumah Qur’an Bani Thahir, mau pun setelah bernama Pesantren Lorong Raudhah Indonesia, ” Insya Allah suatu saat lorong ini akan banyak dikunjungi orang.”

Ucapan ini bukanlah prediksi, tapi sebuah keyakinan bahwa kebaikan yang sedang dianyam ; Belajar mengaji, kaderisasi santri jadi guru mengaji, dan terbentuknya tempat-tempat belajar Alqur’an dengan nama Sanggar Cinta Alqur’an di rumah-rumah santri, insya Allah menjadi magnet kebaikan yang berkah.

Magnet yang akan menarik seluruh segmen usia, baik laki-laki atau pun perempuan untuk datang belajar di lorong, yang kini diberi nama Lorong Alqur’an Raudhah.

Magnet yang membawa berbagai pihak utnuk datang berkunjung dengan berbagai kebutuhan dan kepentingannya. Dan yang terpenting magnet yang menghadirkan keberkahan dari langit dan bumi.

Menyampaikan kabar gembira, bahwa nanti akan banyak orang yang datang, adalah stimulan penting agar optimis, dalam merangkai kebaikan dan menguatkan semangat belajar dan mengajar mengaji untuk meraih predikat di antara hamba terbaik, ”Khairukum man ta’allamal Qur’ana wa’allamahu’ Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya.” (H.R.Bukhari).

Namun, sangat penting pula saling mengingatkan menjaga hati, menjaga lisan, dan menjaga amal. Sebab kedatangan berbagai pihak ; santri laki-laki dan wanita dari berbagai segmen usia dan status, media cetak, media online, stasiun televisi, lembaga pemerintah, pihak swasta, komunitas, pejabat, selebritis, dan yang lainnya. Semua itu dapat merubah orientasi da’wah ilallah.

 Menjaga hati dan lisan, ”Tidak akan lurus di atas jalan istiqomah iman seorang hamba sebelum istiqomah hatinya, dan tidak akan istiqomah hatinya sebelum istiqomah lisannnya”. (HR.Ahmad).

Menjaga amalan,” Wahai sekalian manusia. Kerjakanlah amalan-amalan sesuai dengan kemampuan kalian. Sesungguhnya Allâh tidak bosan sampai kalian bosan. Dan sungguh, amalan yang paling dicintai oleh Allâh yaitu yang dikerjakan secara terus-menerus walaupun sedikit.” (H.R.Bukhari dan Muslim).

Pesan optimis bahwa akan tiba masa orang berbondong-bondong datang di Pesantren Lorong Raudhah Indonesia, dan nasihat agar menjaga diri, senantiasa diiringi Surah An-Nashr sebagai wirid menjaga ikhtiar da’wah, ”Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima taubat.”(*)

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Renungan Ramadhan 11 -- Ramadhan Produktif

Sabtu, 27 Mei 2023 | 20:37 WIB

Inspirasi - Launching Buku Pertama

Rabu, 24 Mei 2023 | 20:19 WIB

Inspirasi - Munzalan Mubarakan

Senin, 22 Mei 2023 | 09:43 WIB

Yusuf Al Qardhawi Tentang Hadits 73 Golongan

Senin, 22 Mei 2023 | 09:07 WIB

Refleksi Kehidupan - Hasil Pendidikan Ramadhan

Sabtu, 20 Mei 2023 | 16:33 WIB

Inspirasi - Legitimasi dan Syiar

Jumat, 12 Mei 2023 | 08:01 WIB

Manhaj - Esensi dan Eksistensi Al Insan

Sabtu, 29 April 2023 | 16:28 WIB
X