• Senin, 26 September 2022

Ini Dia Negara-negara Dengan Kouta Haji Terbanyak, Indonesia Urutan Pertama

- Minggu, 10 April 2022 | 09:32 WIB
Kerajaan Arab Saudi mengumumkan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 ini dengan jumlah jemaah sebanyak 1 juta orang. ( Foto: kemenag)
Kerajaan Arab Saudi mengumumkan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 ini dengan jumlah jemaah sebanyak 1 juta orang. ( Foto: kemenag)

PortalAMANAH.com - Kabar gembira datang dari Kerajaan Arab Saudi yang telah mengizinkan sebanyak 1 juta jamaah untuk melaksanakan haji tahun ini.

Informasi yang dirilis pada Sabtu (9/4/2022) ini disambut suka cita oleh seluruh umat Islam di berbagai penjuru dunia tidak terkecuali umat Islam di Indonesia.

Walaupun belum menerima jumlah pasti kuota haji untuk tahun 2022 ini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa Indonesia siap menyelenggarakan haji, berapapun kuota yang diberikan.

Baca Juga: Kabar Gembira! Arab Saudi Izinkan Pelaksanaan Haji Tahun Ini

"Kita akan optimalkan berapapun kuota nanti yang diberikan untuk Indonesia. Bahkan, kalau bisa kita akan upayakan agar Indonesia bisa mendapat tambahan, misalnya dari kuota negara lain yang tidak terserap," tegasnya, Sabtu (9/4/2022) sesaat setelah keputusan 1 juta Jamaah Haji oleh Arab Saudi.

Keputusan Arab Saudi menjadi momentum untuk kembali menggelar ritual tahunan umat Islam ini secara normal kembali.

Sebelum adanya pandemi Covid-19, sebanyak 2,4 juta umat Islam dari seluruh dunia bisa hadir mengikuti rangkaian ibadah yang hanya bisa dilakukan di Arab Saudi ini.

Baca Juga: Ini Minuman Khas Berbuka Puasa Di Arab Saudi

Tercatat pada 2019 yang menjadi masa akhir haji sebelum pandemi, sebanyak 1.855.027 jamaah haji berasal dari luar Arab saudi.

Lalu selama ini, negara mana saja yang memiliki kuota jamaah haji terbanyak sebelum pandemi yang menyebabkan pelaksanaan haji hanya diikuti oleh warga domestik Arab Saudi?. Berikut ulasannya.

Halaman:

Editor: Abrar Agus

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabar Gembira, Umrah Kembali Dibuka 8 Januari 2022

Jumat, 7 Januari 2022 | 05:44 WIB

Terpopuler

X