• Kamis, 30 Juni 2022

Pendiri AMCF Usulkan Unismuh Makassar Buka Prodi Manajemen Kebencanaan

- Selasa, 24 Mei 2022 | 20:02 WIB
Pendiri AMCF, Dr (HC) Syekh Mohammad MT Al-Khoory
Pendiri AMCF, Dr (HC) Syekh Mohammad MT Al-Khoory

PortalAMANAH.com -- Pendiri Asian Muslim Charity Foundation (AMCF), Dr (HC) Syekh Mohammad MT Al-Khoory, mengusulkan kepada Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar membuka Pusat Studi Kebencanaan dan Program Studi Manajemen Kebencanaan.

Usulan itu disampaikan saat menjadi pembicara pada Seminar Internasional Pra-Muktamar Muhammadiyah – ‘Aisyiyah di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Senin (23/5/2022).

Seminar dihadiri Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, para wakil rektor, dekan dan pimpinan lembaga, ketua prodi, ratusan mahasiswa Ma’had Al Birr Unismuh.

Baca Juga: Beragama Jangan Tentatif

Syekh Khoory yang berbicara dalam Bahasa Arab dan diterjemahkan oleh Direktur Ma’had Al Birr Unismuh Makassar, Lukman Abdul Shamad, mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang kondisi geografisnya cukup rentan terhadap bencana.

“Kehadiran program studi Manajemen Kebencanaan bakal menyiapkan sumber daya manusia yang handal untuk mitigasi bencana,” kata Syekh Khoory.

Dalam berbagai kejadian bencana, katanya, banyak relawan yang datang, tetapi mereka tidak tahu harus berbuat apa, karena mereka tidak memiliki keterampilan manajemen kebencanaan.

Baca Juga: Tadabbur - Surah Al Mukminun Ayat 5-8. Bag 2

“Saya menyaksikan bagaimana tim kemanusiaan dari Australia dan Turki bekerja sangat baik dan terorganisir dalam situasi bencana. Mereka tahu betul, apa yang mesti dikerjakan,” ungkap Syeikh Khoory.

Halaman:

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X