• Senin, 26 September 2022

Proyek Jalan Tol Mamminasata Berpeluang Dikembangkan oleh Swasta Penuh

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 08:18 WIB
Audiensi jalan tol Mamminasata
Audiensi jalan tol Mamminasata

Makassar, PortalAMANAH.com -- Pemerhati dan ekspert Jalan Tol Indonesia, Aslam Katutu, memastikan proyek infrastruktur strategis itu berpeluang dikembangkan oleh pihak swasta secara penuh baik pembebasan lahan maupun biaya kontruksinya.

Hal itu menanggapi adanya berita pencoretan Proyek Jalan Tol Mamminasata yang meliputi Makassar, Maros, Sugguminasa-Gowa, dan Takalar, dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN)

"Dengan dicoretnya dari daftar PSN bukan berarti tidak berpeluang lagi untuk dibangun di masa akan datang. Karena sepengetahuan saya, pada saat dicabutnya dari daftar PSN berada pada status prakarsa dari pemerintah (solicited)," jelas Direktur Utama PT Jalan Tol Seksi Empat 005-2009 itu

Berarti tegasnya, dengan pencoretan itu tidak serta merta menutup peluang tampilnya investor swasta untuk mewujudkan proyek tersebut dengan skema Unsolicited atau prakarsa swasta dengan membiayai full proyek tersebut.

"Tidak menutup kemungkinan pilihan lain pada skema KPBU (kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha)," tambahnya. Penghapusan proyek jalan tol Mamminasata dari PSN berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Kepala Bappelitbangda Sulsel Andi Darmawan Bintang menguungkapkan, jalan tol Mamminasata dicoret dari daftar PSN. Karena pemerintah pusat mempertimbangkan soal waktu penyelesaian proyek tersebut.

Pemerintah pusat berharap semua PSN bisa selesai pada tahun 2024 mendatang, sebelum masa jabatan Presiden Jokowi berakhir.

Sebelumnya, proyek pembangunan jalan tol lingkar Mamminasata ini masuk dalam 16 daftar rencana pembangunan jalan tol 2022 yang disusun pemerintah pusat. Anggaran investasi senilai Rp7,4 triliun dan akan melibatkan pihak swasta.

Meski demikian, Darmawan berharap Tol Mamminasata ini bisa tetap menjadi perhatian Pemerintah Pusat. Mengingat, jalan ini sangat dibutuhkan sebagai jalan penghubung dalam Kawasan Mamminasata.

Halaman:

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Terkini

Peringati HUT RI BMH Maros Gelar Mabit

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 20:14 WIB

Hidayatullah Sulsel Gelar Lailatul Ijtima di Maros

Minggu, 12 Juni 2022 | 10:01 WIB

Musda MUI Maros Tetapkan KH Syamsul Khalik Ketua Umum

Senin, 21 Februari 2022 | 10:44 WIB

Dai Parmusi Gowa Berdakwah di Atas Awan

Minggu, 20 Februari 2022 | 16:47 WIB

Terpopuler

X