Penipuan Catut Kakanwil Kemenag Sulsel Marak, Sasar Pengurus Pesantren

- Rabu, 30 November 2022 | 10:16 WIB
Telpon penipuan
Telpon penipuan

MAKASSAR, PortalAMANAH.com -- Aksi penipuan mencatut nama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulsel Drs KH Khaeroni MSi marak terjadi akhir-akhir ini. 

Penipuan melalui telepon itu menjanjikan dana bantuan pembangunan untuk pondok pesantren. Kejadian percobaan penipuan terbaru, Rabu (30/11/2022) pagi tadi dialami pengurus Yayasan Al Bayan Ponpes Hidayatullah Makassar. 

"Kami langsung curiga karena penelpon yang menggunakan nomor 081341242989 meminta lebih dulu uang untuk pengurusan pencairan dana bantuan tersebut, " jelas Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah MM. 

Modus penipuan dengan nomor telpon yang sama sebelumnya juga dialami oleh pengurus pesantren di Tompobulu Maros. 

Sebelumnya aksi penipuan mengatasnamakan dirinya itu telah diklarifikasi oleh KH Khaeroni kepada media. 

"Saya tegaskan disini, bila ada yang mendapati kejadian serupa, itu penipuan yang mencatut nama Kakanwil dan pejabat dari Kanwil Kemenag Sulsel, itu sama sekali bukan dari saya, tidak usah diladeni, kalau perlu laporkan ke pihak berwajib, sebab ini bisa merusak citra pribadi dan institusi Kemenag Sulsel,” tegasnya. 

Menurutnya dengan rentetan kejadian ini, semua stakeholder pwaspada dan awas, jangan sampai lalai dan cepat percaya, disinilah pentingnya tabayyun atau konfirmasi bilamana menemukan kejanggalan, terlebih di era keterbukaan informasi saat ini.

"Ada saja oknum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan hal tersebut melakukan prilaku menyimpang dengan cara mencatut dan menipu,” ucap KH Khaeroni.(fir) 

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Terkini

Pimpinan BAZNAS se-Sulsel Ikut Rakorda, Ini yang Dibahas

Kamis, 15 September 2022 | 20:06 WIB

Terpopuler

X