• Selasa, 9 Agustus 2022

Guru Menulis - Strategi Penanganan Masalah Anak Didik SD

- Selasa, 28 Juni 2022 | 07:25 WIB
Safna
Safna

Oleh : Safna Basri, Guru Sekolah Islam Terpadu Al Insyirah Makassar

PortalAMANAH.com -- Pendidikan di Sekolah Dasar (SD) sebagai tahapan proses pengembangan kemampuan untuk anak melalui pengembangan potensi diri dengan belajar secara aktif.

Didukung oleh motivasi kepada anak untuk hadirkan dorongan dalam diri dan adanya suasana yang memberikan kemudahan (kondusif) bagi perkembangan diri anak didik secara optimal, sehingga siap untuk masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Pada anak usia SD biasanya anak berada pada fase mereka sedang berkembang secara signifikan. Pada masa ini, anak juga mempunyai dorongan untuk bersosialisasi dengan teman sebaya, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi serta masih menyenangi permainan.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Titip 4 Hal pada Wisudawan Unismuh Makassar

Namun, dalam masa ini mereka juga sudah mengalami permasalahan yang perlu diperhatikan. Secara garis besar, permasalahan yang dialami anak dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu masalah-masalah yang berkaitan dengan keadaan fisik, psikis, perkembangan sosial serta kesulitan belajar.

Permasalahan yang sering dijumpai pada anak di Sekolah Dasar seperti kidal, hiperaktif, gangguan perkembangan bahasa, gangguan konsentrasi, emosional, tingkah laku yang agresif serta kesulitan belajar.

Permasalahan tersebut perlu diperhatikan karena jika tidak ditangani maka dapat menghambat proses perkembangan anak secara optimal. Sehingga peran guru dan orang tua sangat dibutuhkan dalam penanganan anak yang bermasalah.

Baca Juga: WR III UIM Aklamasi Pimpin Pagar Nusa Sulsel. Ini Rencananya

Halaman:

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Guru Menulis - Tahajud Terakhir

Rabu, 29 Juni 2022 | 07:21 WIB

Guru Menulis - Anak Didikku Amal Jariyahku

Selasa, 31 Mei 2022 | 16:22 WIB
X