• Senin, 26 September 2022

Ekbis Syariah - Hijrah: Momentum Mewujudkan Peradaban Ekonomi Islam

- Minggu, 31 Juli 2022 | 20:42 WIB
Idris Parakasi
Idris Parakasi

Oleh: H. Idris Parakkasi, Ekbis Counsulting

PortalAMANAH.com -- Hijrah berasal dari bahasa Arab hājara هَاجَرَ yang berarti berpindah. Secara khusus, pengertian hijrah didefinisikan sebagai perpindahan Nabi Muhammad saw. bersama sebagian pengikutnya dari Makkah ke Madinah.

Perpindahan itu untuk menyelamatkan diri dan sebagainya dari tekanan kaum kafir Quraisy dalam membangun suatu peradaban yang didasari dengan nilai iman, akhlaq, keadilan, kesejahteraan dan keamanan.

Secara maknawi hijrah adalah meninggalkan sesuatu yang tidak baik ke arah yang lebih baik. Termasuk bagaimana berhijrah dari sistem ekonomi yang berbasis ribawi ke sistem ekonomi yang didasari dengan nilai-nilai ilahiyah, etika, keadilan, kejujuran dan kesejahteraan bersama.

Baca Juga: Bhulugul Maram - Qunut Dalam Shalat Witir

Ekonomi Islam sebagai salah bagian dari peradaban Islam menjadi perhatian penting bagi Rasulullah saw pada saat beliau dan sahabatnya hijrah ke Madinah.

Beliau memerintahkan Abdurrahman bin Auf untuk mengatur kegiatan ekonomi di Madinah yang pada saat itu masih dikuasai oleh kaum Yahudi, dengan sistem ekonomi ribawi, pemerasan, ketidakadilan, bisnis haram dan penguasan asset pada kelompok orang kaya.

Abdurrahman bin Auf melakukan survey langsung ke lapangan bagaimana pedagang Yahudi melakukan transaksi dan bagaimana mereka menguasai pasar.

Baca Juga: Spirit Tahajud - Muhasabah : Introspeksi Diri

Halaman:

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ekbis Syariah - Bagaimana Berbisnis Syariah

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 12:16 WIB

Guru Menulis - Tahajud Terakhir

Rabu, 29 Juni 2022 | 07:21 WIB

Terpopuler

X