• Jumat, 9 Desember 2022

Pesantren Al Imam Ashim Makassar Bentuk Kelas Menulis. Ajak Santri Miliki Keahlian dan Kebiasaan Menulis

- Senin, 19 September 2022 | 04:56 WIB

Makassar, PortalAMANAH.com -- Pesantren Tahfizul Quran Al Imam Ashim membentuk Kelas Menulis bagi para santri tingkat Madrasah Aliyah (MA).

Tindak lanjut Kelas Menulis tersebut dilaksanakan In House Training Motivasi dan Teknik Menulis di Perpustakaan Pesantren Al Imam Ashim kampus II Jl Inspeksi Kanal Tamangapa Utara, Makassar, Ahad (18/9/2022).

Hadir membuka dan memandu langsung kegiatan tersebut Kepala Sekolah MA Al Imam Ashim Ust Alhafizh Amiril Mueminin MPd. Turut hadir pula sejumlah ustad dan ustadzah pembina santri.

"Ini sebagai kegiatan awal untuk menyemangati calon tim media pesantren yang insyallah diharapkan menularkan kebisaan dan kebiasaan menulis kepada teman-teman santrinya Imam Ashim," jelas hafidz Qur'an tersebut.

In house training tersebut menghadirkan Mubaligh dan Penulis, Pimpinan Pesantren Lorong Raudah Ust Rahim Mayau dan pegiat jurnalis dakwah Firmansyah Lafiri.

"Yang utama untuk membangkitkan budaya literasi dan kebiasaan menulis itu menciptakan minat dan memaksakan pembiasaan menulis. Karena menulis itu bukan soal seorang memiliki keahlian tapi seberapa istiqomahnya dia membiasakan menulis," jelas Firmansyah.

Sementara Ust Rahim memberikan motivasi menulis dari para ulama terdahulu dan sepintas teknis menulis yang baik dan menarik.

Tindak lanjut in house training tersebut dengan langsung menugaskan para santri untuk menulis artikel populer dengan tema sesuai minat dan kegemaran masing-masing santri.

Ada yang menulis hobynya memancing, menonton Anime hingga resensi novel yang telah dibacanya. "Jika efektif maka kedepan santri yang telah termotivasi untuk menggeluti dunia tulis menulis ini akan kita wadahi untuk mengelola media internal baik berbentuk digital maupun Mading santri," tambah ust Amri.(fir)

Halaman:

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Strategi Kemandirian Pesantren. Bag 2

Kamis, 10 November 2022 | 13:32 WIB

Menuju Kemandirian Pesantren. Bag 1

Kamis, 10 November 2022 | 11:57 WIB

Guru Menulis - Tahajud Terakhir

Rabu, 29 Juni 2022 | 07:21 WIB
X