• Senin, 26 September 2022

Pedagang Yang Miliki Sifat Jujur Dijamin Akan Nikmati Berkah Dan Keberlimpahan

- Rabu, 5 Januari 2022 | 13:24 WIB
Pedagang yang miliki sifat jujur dijamin akan dan pasti selalu beroleh berkah dan keberlimpahan. (pixabay)
Pedagang yang miliki sifat jujur dijamin akan dan pasti selalu beroleh berkah dan keberlimpahan. (pixabay)

PortalAMANAH.COM – Sifat jujur merupakan satu di antara sifat mulia yang melekat pada diri Rasulullah shallallahu alahi wa sallam. Tidak heram, jika kehidupannya penuh berkah dan keberlimpahan.

Pedagang yang inginkan hidup seperti kehidupan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang penuh berkah dan keberlimpahan itu wajib menempuh hidup dengan hiasan sifat jujut. Jika tidak, maka jangan harap akan hidup baik. Diriwayatkan oleh Hakim bin Hizam, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

الْبَيِّعانِ بالخِيارِ ما لَمْ يَتَفَرَّقا، فإنْ صَدَقا وبَيَّنا بُورِكَ لهما في بَيْعِهِما، وإنْ كَذَبا وكَتَما مُحِقَ بَرَكَةُ بَيْعِهِما (واه البخاري و مسلم)

Artinya: “Dua orang yang bertransaksi berhak memilih untuk melanjutkan atau membatalkan transaksi mereka selama belum berpisah, jika keduanya jujur dan berterus terang maka transaksi mereka diberkahi, tapi jika mereka dusta maka berkah dihapuskan Allah”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Panduan Singkat Agar Mekanisme Transaksi KPR Lebih Syar’i -1-

Hakim bin Hizam yang biasa dipanggil Abu Khalid tergolong tokoh terkemuka Quraisy. Ia terkenal dermawan dan cerdas. Ia dilahirkan di dalam Ka’bah. Usianya mencapai 120 tahun.

Setengah umurnya dihabiskan di masa Jahiliyah dan setengah lagi sebagai muslim. Ia masuk Islam di tahun 8 Hijriyah saat peristiwa Fathu Makkah (penaklukan kota makkah).

Di salah satu musim haji beliau menyembelih 100 ekor al-Hadyu (hewan sembelihan paket haji) dan merdekakan 100 orang budaknya hingga membuat sahabat yang melihatnya menangis haru campur bahagia.

Beliau juga pernah menyembelih 1000 ekor qurban. Selain dermawan, beliau juga meriwayatkan sekitar 40 hadits dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, empat di antaranya muttafaq ‘alaihi (diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari jalur sahabat yang sama).

Baca Juga: Panduan Singkat Agar Mekanisme Transaksi KPR Lebih Syar’i -2-

Halaman:

Editor: Supriadi Yosup Boni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bhulugul Maram - Qunut Dalam Shalat Witir

Minggu, 31 Juli 2022 | 08:19 WIB

Bhulugul Maram - Sujud pada Tujuh Anggota Tubuh

Kamis, 17 Maret 2022 | 08:37 WIB

Bhulugul Maram - Adzan Dan Iqamah

Sabtu, 12 Maret 2022 | 22:05 WIB

Bhulugul Maram - Asal Mula Syari'at Adzan

Jumat, 11 Maret 2022 | 21:55 WIB

Bhulugul Maram - At-Tatswib Dalam Adzan

Kamis, 10 Maret 2022 | 21:10 WIB

Terpopuler

X