• Kamis, 30 Juni 2022

Tadabbur - Surah Al Mukminun Ayat 5-8. Bag 2

- Selasa, 24 Mei 2022 | 19:38 WIB
Zul Arwan
Zul Arwan


Oleh : Zul Arwan Lubis, Dosen Univa Medan

PortalAMANAH.com -- Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki. Sesungguhnya mereka tidak tercela (karena menggaulinya). Maka, siapa yang mencari (pelampiasan syahwat) selain itu, mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. (Sungguh beruntung pula) orang-orang yang memelihara amanat dan janji mereka. (Al-Mu'minun/23:5-8).

Maksud ayat ke 5-7. Orang-orang yang memelihara kemaluan mereka dari perbuatan yang diharamkan. Karena itu mereka tidak terjerumus ke dalam perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah, seperti zina dan liwat.

Dan mereka tidak mendekati selain dari istri-istri mereka yang dihalalkan oleh Allah bagi mereka, atau budak-budak perempuan yang mereka miliki dari tawanan perangnya.

Baca Juga: Umat Islam Sumut Minta Singapura Ikuti PBB Lawan Islamophobia

Barang siapa yang melakukan hal-hal yang dihalalkan oleh Allah, maka tiada tercela dan tiada dosa baginya. Menjaga kemaluan dari perbuatan keji.

Dalam ayat ini Allah menerangkan sifat kelima dari orang mukmin yang berbahagia, yaitu suka menjaga kemaluannya dari setiap perbuatan keji seperti berzina, mengerjakan perbuatan kaum Lut (homoseksual), onani, dan sebagainya.

Bersenggama yang diperbolehkan oleh agama hanya dengan istri yang telah dinikahi dengan sah atau dengan jariahnya (budak perempuan) yang di peroleh dari jihad fisabilillah, karena dalam hal ini mereka tidak tercela.

Baca Juga: Haul IX Anregurutta KH Harisah Dibanjiri Ribuan Jamaah

Akan tetapi, barangsiapa yang berbuat di luar yang tersebut itu, mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.

Halaman:

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tadabbur - Surah Al Mukminun Ayat 5-8. Bag 2

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:38 WIB

Kekuatan Akhlak

Selasa, 1 Maret 2022 | 17:40 WIB

Katakan Kepadanya 5 Menit Saja

Minggu, 20 Februari 2022 | 13:40 WIB

Lebih Percaya Kepada IT

Senin, 7 Februari 2022 | 15:32 WIB

Tantangan Realitas Ekonomi

Senin, 31 Januari 2022 | 06:15 WIB

Sunnah Ekonomi

Minggu, 30 Januari 2022 | 06:15 WIB
X