• Senin, 26 September 2022

Tadabbur QS. Al-Baqarah Ayat 214, Pertolongan Allah Itu tadabbur

- Senin, 1 Agustus 2022 | 17:59 WIB
Zul Arwan
Zul Arwan

Oleh : Zul Arwan Lubis, Dosen Univa Medan

PortalAMANAH.com -- Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu.

Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan, dan diguncang (dengan berbagai cobaan) sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat. (Al-Baqarah/2:214)

Melalui ayat 214 ini menjelaskan bahwa ketika orang-orang mukmin di Madinah menderita kemiskinan karena meninggalkan harta benda mereka di Mekah dan juga akibat peperangan yang terjadi, Allah bertanya untuk menguji mereka.

Baca Juga: Mutiara Hadits -- Tidak Boleh Iri Kecuali pada Dua Orang ini

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu cobaan seperti yang dialami orang-orang terdahulu sebelum kamu.

Mereka ditimpa kemelaratan dan penderitaan, dan diguncang dengan berbagai cobaan, sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.

Ayat ini memotivasi orang-orang beriman yang sedang menghadapi bermacam kesulitan dan menumbuhkan keyakinan bahwa tidak lama lagi akan datang pertolongan Allah yang membawa mereka menuju kemenangan. (Al-Baqarah/2:214)

Baca Juga: Inspirasi - Halaqah Terbaik Halaqah Subuh

Halaman:

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tadabbur QS. Al-Baqarah Ayat 226. Hukum Ila’

Senin, 26 September 2022 | 07:04 WIB

Tadabbur QS Al Baqarah Ayat 216, Benci dan Cinta

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:37 WIB

Tadabbur QS Al-Baqarah Ayat 217-218, Bulan Haram

Senin, 25 Juli 2022 | 21:03 WIB

Terpopuler

X