• Senin, 26 September 2022

Tadabbur QS Al-Baqarah Ayat 215-216. Harta Apa dan Kepada Siapa

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:31 WIB
Zul Arwan
Zul Arwan

Oleh : Zul Arwan Lubis, Dosen Univa Medan

PortalAMANAH.com -- Mereka bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah, “Harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan (dan membutuhkan pertolongan).”

Kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya. Diwajibkan atasmu berperang, padahal itu kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui. (QS. Al-Baqarah/2:215-216)

Melalui ayat 215 ini diriwayatkan bahwa seorang pria lanjut usia dan kaya raya bernama Amr bin al-Jamuh al-Anshari bertanya kepada Rasulullah, “Harta apa yang sebaiknya aku nafkahkan dan kepada siapa aku berikan?”

Baca Juga: Inspirasi - Wisuda dan Milad dengan Spirit Hijrah

Allah lalu menurunkan ayat ini untuk menjawab pertanyaan tersebut. Mereka bertanya kepadamu, wahai Nabi Muhammad, tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah, “Harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, seperti saudara kandung, paman, bibi, dan anak-anak mereka, anak yatim, orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan.”

Mereka hendaknya diprioritaskan untuk menerima infak sebelum orang lain. Infak pada ayat ini adalah sedekah yang bersifat anjuran, bukan zakat yang diwajibkan dalam agama dan telah ditentukan siapa yang berhak menerimanya seperti dibahas pada Surah at-Taubah/9: 60. Dan kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. Dalam ayat ini kata al-khair disebut dua kali; yang pertama berarti harta (al-mal) dan yang kedua berarti kebajikan dalam arti umum.

Muqatil ibnu Hayyan mengatakan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan masalah nafkah tatawwu' (sunat). Kemudian Allah Swt. berfirman: Dan apa saja kebajikan yang kalian buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya. (Al-Baqarah: 215) Yakni kebajikan apa pun yang telah kamu lakukan, sesungguhnya Allah mengetahuinya. Dan kelak Dia akan memberikan balasannya kepada kamu dengan balasan yang berlimpah, karena sesungguhnya Dia tidak akan berbuat aniaya terhadap seseorang barang sedikit pun.

Baca Juga: UIM-Disbudpar Sulsel Sinergi Pengembangan Desa Wisata

Halaman:

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tadabbur QS. Al-Baqarah Ayat 226. Hukum Ila’

Senin, 26 September 2022 | 07:04 WIB

Tadabbur QS Al Baqarah Ayat 216, Benci dan Cinta

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:37 WIB

Tadabbur QS Al-Baqarah Ayat 217-218, Bulan Haram

Senin, 25 Juli 2022 | 21:03 WIB

Terpopuler

X