Tadabbur QS. Al-Baqarah Ayat 222. Jangan Bercampur dengan Istri pada Waktu Mereka Haid

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 15:32 WIB
Zul Arwan
Zul Arwan

Oleh : Zul Arwan Lubis, Dosen UNIVA Medan dan Ketua Bahsul Masail DPP KAMUS Indonesia

PortalAMANAH.com -- Allah ta'alla berfirman "Mereka bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah suatu kotoran.” Maka, jauhilah para istri (dari melakukan hubungan intim) pada waktu haid dan jangan kamu dekati mereka (untuk melakukan hubungan intim) hingga mereka suci (habis masa haid).

Apabila mereka benar-benar suci (setelah mandi wajib), campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri."(QS. Al-Baqarah/2:222)

Melalui ayat 222 ini Allah memberi tuntunan perihal aturan-aturan dalam menjalin hubungan suami-istri. Dan mereka, para sahabat, menanyakan kepadamu, wahai Nabi Muhammad, tentang haid.

Baca Juga: Kuliah Dhuha - Pujian Hanya Milik Allah. Bagaimana Sikap jika Dapat Pujian

Pertanyaan ini diajukan para sahabat ketika melihat pria-pria Yahudi menghindari istri mereka dan tidak mau makan bersama mereka ketika sedang haid, bahkan mereka pun menempatkan para istri di rumah yang berbeda.

Ayat ini kemudian turun untuk menginformasikan apa yang harus dilakukan oleh suami ketika istrinya sedang haid. Katakanlah, wahai Rasulullah, bahwa haid itu adalah sesuatu, yakni darah yang keluar dari rahim wanita, yang kotor karena aromanya tidak sedap, tidak menyenangkan untuk dilihat, dan menimbulkan rasa sakit pada diri wanita.

Karena itu jauhilah dan jangan bercampur dengan istri pada waktu haid. Dan jangan kamu dekati mereka untuk bercampur bersamanya sebelum mereka suci dari darah haidnya, kecuali bersenang-senang selain di tempat keluarnya darah.

Baca Juga: Malu Kepada Allah

Halaman:

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tadabbur QS. Al-Baqarah Ayat 229-230 Talak Raj'i

Jumat, 9 Desember 2022 | 20:09 WIB

Tadabbur QS. Al-Baqarah Ayat 227. Talak Karena Ila

Senin, 3 Oktober 2022 | 10:51 WIB

Tadabbur QS. Al-Baqarah Ayat 226. Hukum Ila’

Senin, 26 September 2022 | 07:04 WIB

Tadabbur QS Al Baqarah Ayat 216, Benci dan Cinta

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:37 WIB

Tadabbur QS Al-Baqarah Ayat 217-218, Bulan Haram

Senin, 25 Juli 2022 | 21:03 WIB

Terpopuler

X