• Jumat, 9 Desember 2022

Saat Isra Mi’raj, Malaikat Anjurkan Terapi Bekam Kepada Rasulullah

- Senin, 3 Januari 2022 | 20:20 WIB
Manfaat terapi bekam yang merupakan anjuran malaikat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, selain untuk tujuan pengobatan juga untuk menjaga kesehatan manusia. (supriadi)
Manfaat terapi bekam yang merupakan anjuran malaikat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, selain untuk tujuan pengobatan juga untuk menjaga kesehatan manusia. (supriadi)

PortalAMANAH.COM – terapi bekan merupakan salah satu metode pengobatan yang mulai diakui dalam dunia kesehatan. Metode terapi bekam ini termasuk yang dianjurkan malaikat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Terapi bekam berupa anjuran malaikat ini adalah salah satu bukti bahwa Islam adalah agama yang sempurna (kamil) dan menyeluruh (syamil).  Islam menata semua aspek kehidupan manusia, tidak ketinggalan dunia perawatan dan pengobatan.

Melalui kekasih-Nya, Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam, Allah ta’ala mengajarkan manusia untuk menjaga dan memelihara kesehatannya. Salah satu teknik pengobatan yang dianjurkan Rasulullah sallallahu alaihi wasallam ialah terapi bekam atau alhijamah. Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda:

إنَّ أفضلَ ما تداويتُم بِه الحجامةَ (رواخ الترمذي)

Artinya: “Sebaik-baik obat yang kamu gunakan adalah berbekam, atau: Ber bekam adalah obat yang paling baik bagimu,” (HR. at-Tirmidzi).

Baca Juga: Hukum Beli Rumah Menggunakan Fasilitas KPR Melalui Bank Konvensional -1-

Dalam riwayat Muslim disebutkan:

إن أفضل ما تداويتم به الحجامة، أو هو من أمثل دوائكم رواه مسلم)

Artinya: “Sungguh sebaik-baik metode pengobatan untuk kalian adalah bekam karena dia sebaik-baik penawar.”

Bekam adalah teknik pengobatan dengan jalan membuang darah kotor atau racun yang berbahaya dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Perkataan alhijamah berasal dari bahasa arab yang berarti pelepasan darah kotor.

Halaman:

Editor: Supriadi Yosup Boni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X