• Jumat, 9 Desember 2022

Hadis Rasulullah: 72 Macam Penyakit Dapat Diobati Lewat Terapi Bekam

- Senin, 3 Januari 2022 | 21:24 WIB
Terapi bekam dapat mengobati sekitar 72 macam penyakit dan telah ditegaskan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam hadisnya. (supriadi)
Terapi bekam dapat mengobati sekitar 72 macam penyakit dan telah ditegaskan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam hadisnya. (supriadi)

PortalAMANAH.COM – Sekitar 72 macam penyakit yang bisa diobati menggunakan terapi bekam. Hal ini didasarkan pada hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Dalam sebuah hadisnya beliau bersabda yang artinya: “Kamu sekalian hendaklah berbekam pada tengah Qomahduwwah (punuk/ tengkuk pada punggung badan), maka akan dapat menyembuhkan 72 penyakit” (HR Ibnu Majjah).

Hadits di atas mengisyaratkan, seberapa besar manfaat dari berbekam, yang mana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah menyebutkan, bekam memiliki 72 manfaat.

Baca Juga: Apakah Gaji Karyawan Bank Konvensional Termasuk Riba?

Dikutip dari kitab at-Tibbu an-Nabawi karangan Ibnu Qayyim al-Jauziyah, di antara ragam penyakit yang dapat diobatii menggunakan terapi bekam adalah; pusing, migren, sakit pinggang, jantung, asam lambung, rematik, asma dan insomnia/sulit tidur.

Selain itu terapi bekam juga dapat mengobati kencing manis, liver, gatal-gatal, radang usus besar, sakit ketika datang bulan/haid, syaraf kejepit, ginjal, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, stroke, kolesterol, asam urat dan sinusitis.

Selanjutnya, penyakit lain yang dapat diobati menggunakan terapi bekam adalah; ambeien, mandul, lemah syahwat, tumor otak, virus toxo dan rubella, kanker payudara, kejang-kejang, batuk kronis, paru-paru, kanker kelenjar getah bening, dan penyakit kronis lainnya.

Baca Juga: Bolehkah Pedagang Ambil Untung Seratus Persen Atau Lebih?

Meskipun demikian, pada prosesnya terapi bekam tidak bisa hanya dilakukan sekali, tetapi berkali-kali untuk bisa menyembuhkan penyakit berat. Pasalnya, proses penyembuhan terapi ini dirasakan secara bertahap.

Jadi,  terapi bekam ini tidak sekali terapi langsung sembuh. Tetapi pengobatan apapun harus bertahap, tidak dengan sekali diobati langsung sembuh.

Halaman:

Editor: Supriadi Yosup Boni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X