• Jumat, 9 Desember 2022

Alhamdulillah … Daun Senna Manjur Obati Sembelit

- Selasa, 11 Januari 2022 | 11:20 WIB
Allah ta’ala tidak ingin manusia hanya sehat rohani. Tapi Allah ta’ala juga ingin manusia sehat jasmaninya. Untuk itu Allah ta’ala ciptakan daun Senna yang manjur atasi penyakit sembelit
Allah ta’ala tidak ingin manusia hanya sehat rohani. Tapi Allah ta’ala juga ingin manusia sehat jasmaninya. Untuk itu Allah ta’ala ciptakan daun Senna yang manjur atasi penyakit sembelit

PortalAMANAH.COM -- Islam tidak hanya mengurusi bagaimana manusia beribadah menghambakan diri kepada Allah ta’ala. Tetapi, pedoman dasar menjaga dan merawat kesehatan serta mengobati penyakit pun telah ada dalam islam.

Termasuk mereka yang terserang penyakit sembelit. Yaitu penyakit yang terkait dengan pencernaan yang menyebabkan buang air besar kurang lancar atau bentuk tinja lebih keras dibanding biasanya.

Menurut University of Maryland Medical Center menyatakan  bahwa seseorang dapat terserang sembelit karena faktor stress, penyakit kronis, atau karena mengonsumsi jenis obat tertentu.

Baca Juga: Kapan Wanita Haid Tetap Wajib Qadha Shalat?

Disebutkan dalam riwayat at-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Asma binti Umais, ia menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bertanya,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلَهَا: (بِمَ تَسْتَمْشِينَ؟) ، قَالَتْ: بِالشُّبْرُمِ قَالَ: (حَارٌّ جَارٌّ) ، قَالَتْ: ثُمَّ اسْتَمْشَيْتُ بِالسَّنَا، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (لَوْ أَنَّ شَيْئًا كَانَ فِيهِ شِفَاءٌ مِنَ المَوْتِ لَكَانَ فِي السَّنَا)  

Artinya: “Dengan apa engkau melancarkan buang air besar (mengobati sembelit)? Saya (Asma) menjawab, “Dengan Syubrum (sejenis kulit atau akar pohon tertentu )”

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berkata, “Itu adalah obat panas dan sangat cepat reaksinya.” Kemudian Asma melanjutkan, “Aku juga melancarkan buang air dengan mengonsumsi sana (daun senna)”. Lalu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Kalau ada obat yang bisa menolak kematian, niscaya daun sennalah itu.”

Hanya saja, hadis ini gharib oleh at-Tirmidzi sendiri dan dilemahkan oleh syekh al-Albani dalam kitabnya Dha’ifu at-Tirmidzi.

Baca Juga: Haid Menggugurkan Kewajiban Shalat, Tak Perlu DigantiBaca Juga: Haid Menggugurkan Kewajiban Shalat, Tak Perlu Diganti

Halaman:

Editor: Supriadi Yosup Boni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X