• Jumat, 9 Desember 2022

Layak untuk Diketahui … Ini Manfaat Daun Senna yang Dicari Banyak Orang

- Selasa, 11 Januari 2022 | 11:52 WIB
Daun Senna kaya manfaat yang layak diketahui
Daun Senna kaya manfaat yang layak diketahui

PortalAMANAH.COM – Banyak manfaat daun Senna bagi kesehatan yang layak diketahui bersama. Utamanya mereka yang intensitas aktivitasnya padat dan interaksinya dengan masyarakat banyak cukup tinggi.

Dikutip dari kitab ath-Thibbu an-Nabawi dan laman ath-Thibbu al-Badil disebutkan, daun Senna, nama latinnya disebut Cassia Angustifolia atau dalam bahasa Inggris disebut seven golden candlestick. Yaitu sebuah tanaman perdu yang banyak dijumpai di daerah Arab atau Afrika Utara. Di Indonesia lebih dikenal dengan daun Jati Cina.

Daun Senna berfungsi untuk mempercepat gerakan pencernaan di usus sehingga bisa meningkatkan volume hasil pencernaan dan meningkatkan peristatik usus yang menjadikan tinja menjadi lembek. Hal ini disebabkan karena daun Senna mengandung sennosida, anthraguinon, glikosida dianthrone, naftalene glikosida dan hidroksian thrasen.

Baca Juga: Apakah Bangkai Ikan, Belalang Dan Serangga Termasuk Najis atau Bukan? Ini Penjelasannya.

Daun Senna bekerja membersihkan kotoran dan sisa-sisa lemak serta racun dalam tubuh. Ia juga berkhasiat sebagai starter metabolisme dalam membantu proses sekresi, sangat baik untuk sembelit, mengatasi ambeien dan wasir, mengatasi cacing keremi pada anak-anak atau orang dewasa serta melunturkan lemak dalam tubuh.

Karena itu, daun Senna dapat mengakibatkan diare yang dapat menimbulkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Bahkan bisa juga mengakibatkan orang yang mengonsumsinya merasa mual dan muntah.

Baca Juga: Alhamdulillah .. Banyak Bahasan Muamalah dan Ekonomi dalam Syariat Buktikan Paripurna dan Universalitas Islam

Setelah Minum Daun Senna

Perut orang yang minum daun senna akan terasa mules dan sering buang air besar karena proses detoxinasi terus berlangsung. Biasanya ini akan dirasakan 12 jam atau satu hari setelah minum daun senna dan bisa berlanjut selama dua atau tiga hari kedepan.

Feses atau tinja akan terlihat sedikit berminyak akibat peluruhan lemak dalam tubuh, tubuh juga akan lebih cepat berkeringat, rasa pegal-pegal yang selama ini dirasakan akibat tertahannya kotoran dalam tubuh mulai hilang. Karenanya, tubuh lebih terasa segar dan bugar.

Halaman:

Editor: Supriadi Yosup Boni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X