• Minggu, 5 Februari 2023

Adab Muslim - Adab yang Berkaitan dengan Masjid

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 05:35 WIB
Masjid Raya Makassar
Masjid Raya Makassar
 
 
PortalAMANAH.com -- Berikut sejumlah adab yang berkaitan dengan masjid :
1. Berdo'a saat berjalan ke masjid. Berdasarkan hadits: Rasulullah -Shallallahu Alaihi wa Sallam- keluar menuju masjid lalu beliau membaca:
(اللهم اجعلْ في قَلْبِي نورًا، واجعلْ في لساني نورًا، واجعلْ في سَمْعِي نورًا، واجعلْ في بَصَرِي نورًا، واجعلْ خَلْفِي نورًا، ومِن أَمَامِي نورًا، واجعلْ مِن فَوْقِي نورًا، ومِن تَحْتِي نورًا، اللهم أَعْظِمْ لي نورًا )
 
"Ya Allah, Jadikanlah di hatiku cahaya. Jadikanlah di lisanku cahaya. Jadikanlah di pendengaranku cahaya. Jadikanlah di penglihatanku cahaya. Jadikanlah di belakangku cahaya, dari depanku cahaya. Jadikanlah dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya. Ya Allah, Besarkanlah untukku cahaya".
 
 
2. Berjalan ke masjid dengan tenang dan pelan. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam : "Jika kamu datang menuju shalat (di masjid), maka janganlah kamu mendatanginya dalam keadaan kamu berjalan cepat; tapi hendaklah kamu mendatanginya dengan berjalan sedang kamu tenang; maka ikutilah shalat yang kamu dapatkan; dan jika kamu ketinggalan rakaat, maka sempurnakanlah"
 
3. Membaca do'a ketika masuk ke masjid dan ketika keluar dari masjid. Disunnahkan bagi orang yang masuk ke masjid untuk mendahulukan kaki kanan, kemudian bershalawat untuk Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam kemudian berdo'a:
(اللهم افتح لي أبواب رحمتك)
"ALLAHUMMAFTAH LIY ABWABA RAHMATIK"
"Ya Allah, Bukalah untukku pintu pintu rahmatMu"
 
Dan ketika keluar dari masjid, disunnahkan untuk mendahulukan kaki kiri, sambil bershalawat untuk Nabi Muhammad -Shallallahu Alaihi wa Sallam- lalu membaca do'a:
(اللهم إني أسألك من فضلك)
"ALLAHUMMA INNIY AS ALUKA MIN FADHLIK"
"Ya Allah, Sesungguhnya aku memohon kepadaMu sebagian dari karuniaMu" (HR. Muslim)
 
4. Disunnahkan untuk menegakkan shalat tahiyatul masjid. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam : "Jika salah seorang kamu masuk masjid, maka hendaklah ia shalat dua rakaat, sebelum ia duduk" (Hadits Muttafaq Alaih)
 
5. Dilarang melakukan jual beli di masjid; dilarang pula mengumumkan pencarian barang hilang di masjid. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam :
 
"Jika kamu melihat orang yang menjual atau membeli di masjid, maka sampaikanlah kepadanya: "Semoga Allah tidak memberikan keuntungan pada daganganmu; dan jika kamu melihat orang yang mengumumkan pencarian barangnya yang hilang di masjid, maka sampaikanlah kepadanya: "Semoga Allah tidak mengembalikan kepadamu barangmu yang hilang" (HR. At-Tirmidzi, dinilai Sahih oleh Asy-Syaikh Al-Albani)
 
6. Larangan ke masjid bagi orang yang baru saja makan bawang putih, atau bawang merah, atau semua yang menimbulkan bau yang tidak baik. Berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam :
 
"Siapa yang makan bawang putih atau bawang merah atau makanan yang berbau tidak baik, maka janganlah sekali kali ia mendekati masjid kami, karena sesungguhnya para malaikat itu terganggu dengan apa saja yang mengganggu bagi manusia" (HR. Muslim)
 
Termasuk dalam larangan ini, bau rokok; dan semua bau yang mengganggu, dari badan atau pakaian, atau karena tidak mandi.
 
7. Larangan untuk meninggalkan masjid setelah adzan. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam :
 
"Jika muadzdzin telah mengumandangkan adzan, maka janganlah salah seorang kamu keluar dari masjid, sampai ia selesai shalat" (HR. Al-Baihaqi, dinilai Sahih oleh Asy-Syaikh Al-Albani).
 
8. Larangan untuk melintas di depan orang yang sedang shalat; dan disunnahkan bagi orang yang shalat untuk ia memasang pembatas di depannya. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam :
 
"Sekiranya orang yang melintas di depan orang yang sedang shalat itu mengetahui betapa besar dosanya, niscaya lebih baik baginya menunggu empat puluh, dari pada ia melintas di depan orang yang sedang shalat" (Hadits Muttafaq Alaih)
 
9. Larangan untuk menjadikan masjid sebagai jalanan. Berdasarkan sabda Nabi -Shallallahu Alaihi wa Sallam: "Janganlah kamu menjadikan masjid masjid sebagai jalanan; karena masjid itu untuk zikir dan shalat" (Hadits ini dinilai Hasan oleh Asy-Syaikh Al-Albani)
 
10. Larangan untuk mengeraskan suara di masjid, karena memuliakan masjid; dilarang pula mengganggu ketenangan orang yang sedang shalat; termasuk dengan membiarkan handphone tetap ON atau aktif selama berada di masjid, terutama pada saat sedang shalat.
 
11. Perempuan dilarang menggunakan parfum ke masjid; dan dilarang berhias untuk ke masjid. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam :
 
"Jika salah seorang kamu wahai kaum perempuan hadir di masjid, maka janganlah ia memakai minyak wangi" HR. Muslim
 
12. Orang yang sedang junub, haid, nifas, dilarang untuk tinggal di masjid. Berdasarkan firman Allah:
 
"dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub)" QS: An-Nisa' (4): 43
 
Berdasarkan juga hadits 'Aisyah Radhiyallahu Anha bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda kepada beliau: "Berikanlah kepadaku minyak wangi" padahal beliau sedang di masjid; lalu Aisyah -Radhiyallahu Anha- menjawab: "Sesungguhnya saya sedang haid" Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya haidmu bukanlah di tanganmu" (HR. Muslim).(*)
 
*) Serial ini bersumber dari Website Kitab: Al-Kalim Ath-Thayyib. Ditulis Oleh: Fadhilatusy-Syaikh Abu Umar Hafizhahullah. Diterjemahkan oleh: Muzakkir M. Arif. portalamanah.com mengutip dari akun fb Mudzakkir Arif
 

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adab Muslim - Adab Berkaitan dengan Ponsel

Rabu, 9 November 2022 | 15:05 WIB

Adab Muslim - Adab yang Berkaitan dengan Pergaulan

Rabu, 9 November 2022 | 14:40 WIB

Adab Muslim - Adab Berkaitan dengan Perjalanan

Selasa, 8 November 2022 | 18:40 WIB

Adab Muslim - Adab yang Berkaitan dengan Pertemuan

Senin, 7 November 2022 | 18:25 WIB

Adab Muslim - Adab Berkaitan dengan Pembicaraan

Rabu, 2 November 2022 | 07:05 WIB

Adab Muslim -Adab yang Berkaitan dengan Doa

Selasa, 1 November 2022 | 06:00 WIB

Adab Muslim - Adab yang Berkaitan dengan Salam

Minggu, 30 Oktober 2022 | 05:50 WIB

Adab Muslim - Adab yang Berkaitan dengan Masjid

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 05:35 WIB

Ikhlas Dalam Beramal, Ini Ciri-cirinya

Senin, 24 Oktober 2022 | 09:46 WIB

Hindari Memotong Pembicaraan Orang Lain. Itu Tak Beradab

Sabtu, 10 September 2022 | 12:17 WIB

Spirit Tahajud - Mengenal Hakikat Perilaku Zuhud

Minggu, 21 Agustus 2022 | 05:01 WIB

Kuliah Dhuha - Syakur

Kamis, 21 Juli 2022 | 09:00 WIB

Kebersihan Sebagian dari Iman. Palsu tapi Benar

Kamis, 21 Juli 2022 | 07:55 WIB

Spirit Tahajud - Pesan Rasul Jadilah Orang Mulia

Selasa, 21 Juni 2022 | 08:45 WIB

Nasehat Berharga, Janganlah Tergesa-gesa

Rabu, 15 Juni 2022 | 06:17 WIB

Terpopuler

X