• Minggu, 5 Februari 2023

Sunnah Tidur Baring Sebelah Kanan, Ternyata Ini Lima Manfaat Kesehatannya.

- Rabu, 5 Januari 2022 | 09:54 WIB
Tidur dengan posisi baring sebelah kanan yang disunnahkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengandung setidaknya lima manfaat kesehatan yang sudah diketahui hingga kini. (saidi)
Tidur dengan posisi baring sebelah kanan yang disunnahkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengandung setidaknya lima manfaat kesehatan yang sudah diketahui hingga kini. (saidi)

 

PortalAMANAH.COM -- Sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam untuk tidur dengan posisi baring sebelah kanan mengandung banyak manfaat kesehatan. Tentu, manfaat tidur baring kanan yang sudah diketahui belum semuanya.

Diakui, manfaat kesehatan tidur dengan posisi baring kanan yang disunnahkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam masih perlu diteliti lebih lanjut. Tujuannya menyingkap rahasia sunnah lebih dalam dan bukan untuk memutuskan apakah menjalankan sunnah itu atau mengabaikannya.

Karena di antara konsekuensi syahadat adalah bahwa segala ketetapan syariat baik dalam bentuk perintah wajib atau sunnah maupun dalam bentuk larangan harama atau sekedar makruh bertujuan untuk wujudkan kemaslahatan manusia.

Baca Juga: Shalat Identitas Utama Seorang Muslim

Dikutip dari Harian Amanah, edisi 12/5/2016, berikuit ini lima manfaatnya bagi kesehatan sebagaimana dijabarkan sebagian ahli dunia kedokteran.

1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri.

Tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktifitas organ tubuh bagian kanan. Sehingga akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam.

Seperti, pengendapan bekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah.

Baca Juga: Pada Hari Kiamat, Shalat Setiap Hamba Yang Pertama Dihisab

2. Mengurangi beban jantung.

Halaman:

Editor: Supriadi Yosup Boni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X