Ayat Sains Lebih Mendominasi Quran daripada Ayat Hukum

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 20:55 WIB
alquran
alquran

PortalAMANAH.com -- Menarik kalau kita telaah penelitian yang membandingkan jumlah ayat sains dan ayat hukum di dalam Al-Quran. Ternyata secara sekilas lintas dari sisi jumlahnya kalau kita bandingakan malah lebih banyak ayat yang bicara tentang sains ketimbang ayat-ayat hukum.

Ayat-ayat yang terkait dengan sains memang harus diakui cukup banyak tersebar di dalam AlQuran. Bahkan sebagian versi menyebutkan ayat yang mengarahkan kita kepada terbukanya sains antara 800-an hingga 1000-an ayat.

Sedangkan ayat terkait hukum, menurut versi yang paling populer, hanya sekitar 200-an ayat saja.

Di dalam Al-Quran tak kurang terdapat 800 ayat-ayat kawniah dalam hitungan Muhammad Ahmad al-Ghamrawi. Sedangkan menurut Prof. Zaghlul alNajjar, ada 1000 ayat yang tegas dan ratusan lainnya yang tidak langsung terkait dengan fenomena alam semesta.

Jumlah Ayat Hukum
Sebenarnya ada banyak versi tentang berapa jumlah ayat hukum. Al-Ghazali, Ar-Razi, Ibnu Qudamah dan juga Muqatil bin Sulaiman menyebutkan jumlahnya sekitar 500-an ayat.

Sedangkan yang mengatakan 200-an ayat adalah Abu Ath-Thayyib Al-Qanuji (w. 1307 H). Alasannya Beliau mengecek langsung tiap ayat dari 500-an ayat yang disebutkan sebelumnya, namun nampaknya hitungan 500-an ayat itu terlalu banyak kalau dianggap mengandung hukum.

Yang benar-benar mengandung hukum hanya sekitaran 200-an ayat itu saja. Dan ada juga yang tidak membatasi jumlah ayat hukum, semisal Ibnu Daqiq Al-‘Id yang mengutip dari Az-Zarkasyi.

Selain itu juga ada pendapat Al-Qarafi, Ash-Shan’ani dan Asy-Syaukani.

Menarik untuk diamati, ayat hukum yang jumlahnya hanya 200-an itu ternyata berkembang menjadi beribu judul kitab fiqih yang memenuhi rak-rak perpustakaan kita.

Halaman:

Editor: Firmansyah Lafiri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X